Kwarcab Purbalingga Bakal Bagikan Website untuk Kwarran

Kwarcab Purbalingga mendorong Kwarran untuk lebih menggiatkan publikasi kegiatan Kepramukaan. Pasalnya, banyak kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan tapi belum terpublikasikan. Publikasi kegiatan harus dilakukan oleh anggota Pramuka pada semua tingkatan. Setiap anggota pramuka adalah pewarta.

“Saya minta Bidang Humas dan Protokol (Humpro) untuk segera menfasilitasi pembuatan website untuk Kwarran. Kita ingin setiap kegiatan pramuka terpublikasi. Semua kegiatan di Kwarran dan Gugus Depan. Semuanya harus bergerak memublikasikan kegiatannya,” ungkap Ketua Kwarcab Purbalingga, Kak Subeno, Selasa (23 Februari 2021)

Mempublikasikan Kegiatan

Ia menuturkan, nantinya, ketika sudah memiliki laman website sendiri, semua Kwarran harus secara aktif memublikasikan kegiatan melalui laman website dan juga media sosial sebagai sarana berkomunikasi.

“Selain itu, agar anggota Pramuka dapat mengoptimalkan penyampaian berita positif dan mencegah informasi hoaks,” ungkapnya.

Wakil Ketua Bidang Humpro Kak Tri Gunawan Setiadi melalui Sekretaris Bidang Humpro, Kak Eti Tri Setyowati menuturkan, permintaan dari Ka Kwarcab segera dilaksanakan. Pihaknya segera mendata potensi SDM yang handal untuk mengelola Website.

“Untuk laman Websitenya akan kami siapkan. Ada 18 Website. Kami sudah merencanakan untuk memberi setiap Kwarran satu website. Misalkan untuk untuk Kwarran Karangjambu, maka alamat websitenya; karangjambu.pramukapurbalingga.id,” ungkap Kak Eti.

Ia menambahkan, Kwartir Daerah Jawa Tengah di tahun 2021 mempunyai program Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka. Rencananya kegiatan akan dilaksanakan di bulan Maret-Agustus 2021. Kegiatan ini diantaranya, pemilihan Duta Humas yang diikuti oleh calon peserta dari Humas Kwarcab, DKC , dan Pengelola Admin Website Kwarcab. Nantinya akan menjadi Duta Humas Kwarda Jateng dan melaksanakan tugas selama setahun

Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka

“Kemudian ada Anugerah Pengelolaan Website. Akan dipilih tiga Website terbaik untuk tingkat Kwarcab, Kwarran, Gugus Depan, Pangkalan Saka, dan Pangkalan Sako ,” ungkapnya.

Andalan Cabang Urusan Humas, Kak Mahendra Yudhi Krisnha menambahkan, nantinya disetiap Kwarran akan mempunyai SDM admin pengelola Website. Ditekankan, semua anggota Pramuka di Kwarran harus mahir menulis dan membuat berita.

“Berita baik dan positif yang ditulis sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Laman website bisa ajang berlatih sekaligus mengabarkan kegiatan Pramuka,” katanya.

Untuk itu lanjut Kak Yudhi, pengurus Kwarran harus meningkatkan kompetensi. Baik soal wawancara, pengambilan data, kepenulisan hingga penggambilan foto yang baik. Semakin meningkatnya kompetensi, maka akan berdampak pada peningkatan kegiatan

“Pasti ada pelatihannya. Diberikan pengetahuan singkat seputar dasar-dasar jurnalistik, tehnik praktik wawancara dan mencari serta menulis berita, foto jurnalistik dan aplikasi media sosial dan yang terakhir praktik pengelolaan mengunggah berita di Website,” ungkapnya.

Bidang Humas dan Protokol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ayo Kakak-kakak Ikut Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka 2021. Ini Ketentuannya

Rab Feb 24 , 2021
Kwartir Daerah Jawa Tengah di tahun 2021 bakal menyelenggarakan program  Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka. Rencananya kegiatan akan dilaksanakan di bulan Maret-Agustus 2021. Kegiatan ini diantaranya, pemilihan Duta Humas yang diikuti oleh calon peserta dari Humas Kwarcab, DKC , dan Pengelola Admin Website Kwarcab. Duta Humas Kwarda Jateng “Nantinya akan menjadi […]